Menikmati Makanan Khas Banjar

SUKU Banjar memiliki kekayaan budaya yang beragam. Jukung dan budaya air adalah salah satu budaya yang memesona. Tapi kuliner asal banua juga tak kalah menarik.

Makanan khas Banjar bercitarasa dan dan dibuat dari bahan unik. Bagi penyuka wisata kuliner, beberapa stand di Kampung Banjar bisa didatangi.

Menikmati Makanan Khas Banjar

Diantaranya stand Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Tanah Laut. Bukan hanya memamerkan hasil kerajinan daerahnya, tetapi ada makanan hingga wadai (kue) Banjar yang nikmat.

“Di sini ada wadai Banjar, ada Putri Selat, Amparan Tatak, Bingka Barandam sampai Kalalapon. Sebenarnya bukan sekadar adonan resep yang hanya dirasakan lidah dan perut semata. Lebih dari itu, makanan daerah adalah cita rasa sosial budaya Urang kita Banjar,” ungkap Ibu Emiliani dari stand Hulu Sungai Utara.

Menurut Emiliani ada sekitar 41 macam wadai Banjar. Warnanya menarik dan tentu saja enak. Wajar, kalau wadai ini disebut ‘saksi hidup’ yang dapat mengungkapkan sesuatu yang hilang dari pengalaman dan perjuangan hidup masyarakat.

“Ada juga kue-kue tradisional dari Banjarmasin yang banyak dibuat dari tepung beras dan tepung ketan. Biasanya Urang Banjar banyak mengandalkan kue tradisional yang disajikan di rumah makan untuk hidangan penutup,” ujarnya.

Selain kue juga ada makanan asli Banjar berupa Ketupat Kandangan, Lontong, Babungku dan Soto Banjar.”Kalau membelinya di warung tentu biasa saja. Tetapi kalau beli di Kampung Banjar nuansanya lain karena pembuatannya tradisional. Inilah daya tariknya Kampung Banjar,” kata Emiliani.

About these ads

1 Komentar

  1. Wah taunya sih ada 41 macam, tapi tidak tau jenis apa saja yang masuk 41 macam wadainya apa saja y????


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.