Aturan menulis blog?

Apakah ada “aturan” atau “standar” menulis blog?

Beberapa waktu yang lalu saya terlibat diskusi mengenai bagaimana membuat blog yang ramai dikunjungi orang. Salah satu “fakta” yang muncul dalam pembicaraan adalah bahwa (1) tulisan di blog umumnya pendek-pendek dan (2) pembahasan agak dangkal. Tentu saja tidak semua seperti itu, tapi nampaknya blog yang seperti itulah yang lebih populer.

Ketika kita ingin mengangkat topik yang lebih serius dan mendalam (tentu saja tidak harus otomatis menjadi tulisan panjang), jumlah komentar mlorot. Apakah orang menjadi malas berkomentar dengan berbagai alasan? (Namun artinya tetap membaca artikel itu.) Atau memang orang menjadi malas membacanya? Atau bisa juga “nanti dibacanya pas lagi senggang” (prioritas kedua atau ke-n), yang pada kenyataannya menjadi lupa dibaca?

Terus terang, yang terakhir inilah yang terjadi dengan saya. Seringkali ada tulisan yang bagus, tapi panjang sekali euy! Nanti saja dibacanya. Eh, akhirnya tidak dibaca. Atau URL-nya disimpan untuk dibaca nanti. Itu teorinya. Pada kenyataannya tidak terbaca juga. Semakin mudah mendapatkan informasi, semakin mudah juga melewatkannya.

Dalam era yang serba kekurangan atensi ini, tulisan yang pendek, nyleneh, memang lebih cepat mendapat atensi. Namun durasi dari atensi ini juga tidak panjang. Ini hanya sekedar observasi yang bisa jadi kurang ilmiah.

Mungkin ini memang sifat (nature) dari blog? Jika ini benar, maka jika Anda ingin membuat blog yang populer, tulisan harus pendek-pendek dan isinya yang ringan-ringan saja. Inikah aturan tidak tertulis dari menulis blog?

Artinya bisa jadi tulisan yang lebih dalam dan panjang merupakan “killer application” bagi media tulisan dan cetak konvensional. Aha! (?) Uhuk uhuk!!!

Sumber: Budi Raharjo

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s