Cukup Pencet Hp, Kantor Terpantau

SEORANG bocah perempuan tewas karena terjatuh dari tangga travelator dari lantai III di ITC Mega Grosir Surabaya, dua pekan lalu. Dalam rekaman kamera Close Circuit TV (CCTV) terlihat dengan detil proses jatuhnya bocah itu. Bagaimana dia melongok ke bawah, menaiki besi pengaman, terjatuh karena kaki kirinya ‘terseret’ bantalan pegangan tangan tangga travelator hingga tubuhnya tertelungkup di lantai dasar.

Dalam kasus ini, pengelola mal telah melakukan antisipasi yang sangat membantu polisi untuk pengungkapan peristiwa nahas itu. Dengan kamera CCTV, polisi tidak perlu mencurigai adanya tindak kriminal pembunuhan. Teknologi CCTV sebagai security system yang menggunakan kamera analog dan digital ini ternyata sudah banyak digunakan di perusahaan dan mal di Banjarmasin.

“Trennya meningkat, saat ini sudah puluhan perusahaan, dealer, kantor dan tempat usaha menggunakan perangkat ini,” kata pengusaha sistem keamanan ini, Indra G Masribani BA di kantornya, kemarin.

Untuk mengoperasikan perangkat ini, tidaklah susah. Semudah menggunakan komputer yang memiliki akses internet. “Kamera digital dihubungkan ke HUB Switch, lalu dikonek dengan komputer yang ada broadband internetnya. Untuk bisa melihat rekamannya bisa melihat dari ponsel atau televisi,” tutur Indra.

Alat yang dijual dari Rp 2 hingga 50 juta ini, bermanfaat untuk mengamankan usaha dari perbuatan yang bisa merugikan. “Biasanya pengusaha menggunakan alat ini untuk keamanan. Jadi kalau ada kehilangan, kamera tersembunyi akan merekam pelakunya,” kata Indra.

Hebatnya, pantauan bisa dilakukan dari jarak jauh. “Misalkan bos perusahaan berlibur di Singapura, namun ia hendak melihat aktivitas perusahaannya. Cukup menghubungi akses internet di kantornya dan melihat aktivitas di perusahaannya dari handphone-nya,” ujarnya.

Teknologi yang lebih canggih juga ada, yakni menggunakan sensor. Jadi kalau perusahaan memakai alat ini, cukup dipasang di tempat tersembunyi. Kalau ada peristiwa, seperti ada pencuri atau alat dimatikan tidak wajar, otomatis sensor akan aktif dan menghubungi ponsel yang telah terkoneksi.

Salah satu pengusaha yang sudah memanfaatkan alat canggih ini, Felix Han mengungkapkan, perangkat security system sangat mempermudah dirinya mengawasi aktivitas perusahaan, meski sedang berada di luar negeri.

“Sewaktu di luar negeri, saya bisa memantau aktivitas perusahaan saya lewat handphone. Jadi, meski berada di mana pun, saya tetap dekat dengan kantor,” tandasnya.

Terlebih untuk operasional sehari-hari di kantor, sangat membantu. “Misalnya mencari salah seorang karyawan yang kebetulan diperlukan, saya cuma melihat di layar televisi. Ada di ruangan mana lalu saya hubungi,” terangnya. Ya, teknologi memang menjadikan aktivitas perusahaan yang super besar dan mahasibuk bisa ‘dikantongi’ di saku yang sempit.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s