Demo Lagi Bentrok Lagi

AKSI kembali terjadi di Sulawesi Selatan pascapengumuman kepastian kenaikan harga BBM. Pada Rabu (7/5), aksi berlangsung di tiga tempat yakni depan kampus UIN Alauddin dan Universitas 45 Makassar serta STAIN Watampone, Bone.

Seperti aksi sehari sebelumnya, para mahasiswa meneriakkan penolakan terhadap kenaikan BBM yang dinilai kian memberatkan rakyat miskin.

Menurut mereka, masih banyak cara lain selain menarik subsidi BBM seperti menekan angka korupsi dan penyelundupan atau penyitaan harta koruptor. Bentrokan terjadi di Bone saat mahasiswa menggelar aksi di gedung DPRD setempat. Akibatnya belasan mahasiswa terluka dan lima lainnya diamankan polisi.

Di tingkat nasional, puluhan LSM dan lembaga-lembaga kemahasiswaan yang tergabung dalam Front Rakyat Menggugat (FRM) merancang aksi besar pada 12 Mei 2008 mendatang. Aksi akan digelar di Bundaran Hotel Indonesia dan Depan Istana Merdeka, Jakarta.

“Ini bukti kegagalan pemerintahan. Dulu, saat menaikkan BBM pada 2005, dia berjanji tak akan menaikkan lagi. Dia sudah mengingkari janjinya sendiri,” tandas Koordinator Aksi, Andrianto.

Penolakan juga bergema di gedung DPR. “Kita tidak setuju. Kita menolak rencana tersebut Kenaikan harga BBM karena hanya akan membuat rakyat tambah susah,” kata Ketua FPAN Zulkifli Hasan.

Menurutnya, Sebelum mengambil kebijakan menaikkan harga BBM, pemerintah seharusnya mengupayakan cara-cara lain yang lebih efektif. Misalnya dengan efisiensi anggaran departemen dan PLN serta pertamina.

“Pemerintah kan punya kewenangan. Harusnya efesiensi anggaran di departemen dan peningkatan pendapatan negara dari pajak yang diusahakan. Jangan langsung menaikkan,” tegasnya.

Ketua FPDIP Tjahjo Kumolo menambahkan langkah pemerintah yang mengganti kenaikan harga BBM dengan BLT tidak akan meringankan beban rakyat. Sebaliknya, kenaikan harga BBM hanya akan membunuh rakyat secara berlahan.

“Sekarang saja masyarakat sudah berat memenuhi kebutuhan pokoknya. Apalagi kalau BBM nanti benar-benar naik. FPDIP menolak,” tandasnya. (TT/Persda Network/yat/dt)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s