Pelangsir Mulai Diamankan

• Sopir Dahului Pemerintah

PALANGKA, BPOST – Antrean panjang bahan bakar minyak (BBM) dimanfaatkan sejumlah orang untuk menarik keuntungan. Di Palangka Raya, Kalteng,seorang  ditangkap polisi, Kamis (8/5) pagi, karena diduga melangsir dengan berulang kali mengisi bensin ke mobilnya.

Saat diperiksa ternyata tangki mobil tersebut telah dimodifikasi sehingga mampu memuat 120 liter bensin. “Kalau ada permainan, pihak SPBU juga akan kita periksa,” tegas Kapolres Palangka, AKBP Andi Fairan SIK.Pada 2007, Polresta Palangka Raya mengamankan 40 kendaraan roda empat dan roda dua milik pelansir.

Saat itu tindakan yang diberikan baru berupa pembinaan. Tahun ini, tindakannya lebih tegas lagi.

Sudah ada tiga kasus yang dilimpahkan ke pengadilan dengan barang bukti sekitar 11.000 liter BBM.

Sulitnya mendapatkan BBM membuat pedagang eceran di Jalan RTA Milono dan Tjilik Riwut Palangka Raya berkurang. “Kami terpaksa tutup karena lama antre di SPBU. Jadi stok kami sempat habis,” kata seorang pedagang, Kurniawan.

Kepala Wira Penjualan Pertamina Palangka Raya, Pramono Wibowo, mengancam pemilik SPBU yang nakal. “Kita tegur bertingkat hingga skorsing. Bahkan kalau memang terbukti BBM itu untuk industri, maka akan kita lakukan pemutusan hubungan usaha,” ujarnya.

Pramono mengaku penyaluran BBM ke Kalteng normal. Antrean BBM terutama solar dinilainya sebagai akibat kepanikan masyarakat menghadapi rencana pemerintah menaikkan harga ditambah praktik pelangsiran.

Angkot
Belum lagi pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM, sopir angkutan kota (angkot) yang tergabung di Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) Banjarmasin mengusulkan penyesuaian tarif dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.000.

Ketua SPTI Banjarmasin, Abdul Wahid, mengatakan usulan telah disampaikan kepada Kadishub Kota Banjarmasin.

“Berdasarkan pengalaman, setiap kali harga BBM naik, usulan penyesuaian tarif yang kami ajukan selalu baru disetujui oleh Pemko beberapa bulan kemudian,” katanya.

Kadishub Pemko Banjarmasin, Rusdiansyah, berjanji menindaklanjuti masalah ini secepatnya. Mengenai angkanya masih menunggu besarnya kenaikan harga BBM.

Menjawab pers di Jakarta, Menhub Jusman Syafii Djamal mengatakan tarif angkutan darat antar kota antar provinsi (AKAP) dalam waktu dekat  naik maksimal 15 persen.

Tarif dasar AKAP saat ini Rp 100 per penumpang per km.  Operator bisa bermain di tarif bawah sebesar Rp 80 dan tarif batas atas Rp 130 per penumpang per km. (Persda Network/ck1/mgb/tin/ewa)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s