Jatuh Bangun di Lubang Tambang

TERIAKAN histeris penonton mengiringi aksi tim Barokah menaklukkan tebing dengan ketinggian sekitar 15 meter di Sirkuit Sungai Kecil Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (10/5).

Namun begitu mobil berhasil menaiki tebing, berganti tepuk tangan dan teriakan kekaguman yang keluar dari sekitar 1.000 penonton tersebut. “Luar biasa, hebat benar,” puji satu penonton perempuan.Mulai Jumat (9/5) malam hingga Minggu (11/5) hari ini, masyarakat kabupaten berjuluk Bumi Bersujud tersebut disuguhi aksi dan perjuangan 21 tim offroad, menjinakkan kawasan bekas lokasi tambang batu bara itu.

Sebanyak 15 dari Jawa Timur, DKI Jakarta serta Yoygakarta dan enam lokal Kalimantan (Kalsel, Kalteng serta Kaltim) bergantian unjuk kebolehan pada Kejuaraan Nasional Djarum Super 4×4 Offroad Seri I, yang diselenggarakan Pemkab Tanah Bumbu, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Djarum Kudus.

Selain medan terjal dan curam bekas galian tambang, peserta juga harus melewati lereng dan perbukitan cadas yang sangat licin di setiap trial state (TS) yang jaraknya sekitar 800 meter.

Tak ayal, beberapa mobil peserta sampai tergelincir, bahkan meletus hingga nyaris lepas lantaran dipaksakan sang driver mengejar waktu.

Magnet kejuaraan ini kian kuat dengan tampilnya offroader kawakan Kalimantan seperti H Syamsudin alias Haji Isam yang bergabung dalam tim Antangin Jhonlin Baratama, lalu Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalteng Agus Darmawan, Kombes Sambudi, Dir Lantas Polda Kalteng serta Banjarmasin Offroad Kalsel dan BOC Banjarbaru.

Sedangkan tim unggulan dari pulau Jawa diantaranya Khesena Offroad Team, DAS Motor Sport Bogor, Barokah DNA Jakarta, Crab Adventure Jogya, Jeep Galunggung Tasikmalaya, Raung Jember serta Semen Gresik.

Ketua Panitia Penyelenggara Tjahyadi Gunawan disela-sela pelepasan peserta mengungkapkan, dipilihnya Tanah Bumbu Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah seri perdana ajang bergengsi tersebut selain untuk mengenalkan  daerah ini, juga memiliki potensi medan yang  cukup bagus dan menantang bagi para offroader di negeri ini untuk uji nyali dan unjuk kebolehan.

“Yang jelas potensi Kalsel cukup bagus. Punya gunung dan tebing yang cukup menantang bagi para offroader. Tentunya, hal itu harus diangkat dan diperkenalkan  kepada seluruh negeri ini bahkan dunia untuk sama-sama menjajal medan yang bagus ini,” terangnya.

Gelaran prestise tersebut berakhir hari ini, Minggu (11/5) ditandai dengan pembagian trofi dan hadiah bagi para jawaranya. Seri selanjutnya digelar di Ngawi, Jawa Timur, 4-6 Juli nanti. (coi/*)

1 Komentar

  1. tantangan bukan rintangan……………..

    PT JHONLIN BARATAMA (H.ISAM)
    PT BARA TIGA SAUDARA (H UDIN/PEMBEKAL UDIN)


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s