Petani Kesulitan Pupuk Urea

• Terancam Gagal Panen

PELAIHARI, BPOST –
Para petani jagung di Kabupaten Tanah Laut kini resah akibat sulitnya mencari pupuk urea. Padahal, tanaman jagung mereka sebagian mulai menguning akibat kekurangan nitrogen.

“Sejak beberapa hari ini saya sudah keliling kota Pelaihari. Bahkan sampai ke Bati-Bati hingga ke Gambut. Rabu kemarin saya pulang sampai malam, tapi tetap tak dapat pupuk ureanya,” ucap Sukari, petani jagung di Desa Panyipatan Kecamatan Panyipatan.Saat ini setidaknya pupuk urea yang dibutuhkan petani di bawah binaannya sebanyak 15 ton. Pupuk anorganik ini sekarang sangat dibutuhkan, karena telah memasuki masa pemupukan kedua.

Urea merupakan pupuk dasar yang kaya unsur nitrogen (N). Unsur hara ini dibutuhkan tanaman terutama pada fase vegetatif (pertumbuhan dan pembentukan daun). Tanaman yang pertumbuhan daunnya kurang sempurna, fase generatif (pembungaan dan pembuahan)nya akan terganggu, karena proses fotositensis tidak optimal.

Bahkan tidak sedikit tanaman jagung anggotanya yang belum pernah dipupuk sama sekali sejak tanam hingga usia 50 hari saat ini. “Belum dipupuk, karena tidak kebagian pupuk. Kondisi tanamannya sekarang ya mulai menguning akibat kekurangan pupuk urea,” beber Sukari.

Ia berharap Pemkab Tala melalui instansi teknis terkait bisa membantu mengatasi seretnya pasokan pupuk urea tersebut. Jika hingga 1-2 minggu mendatang pupuk urea tak juga didapat, kemungkinan besar tanaman jagung petani gagal dipanen.

Keluhan senada diutarakan Basuki dari Desa Sukaramah. Basuki mengatakan dari luasan petani di bawah binaannya 120 hektare, 75 hektare di antaranya belum diberi pupuk urea. Per hektare membutuhkan 300-40 kg urea.

Salah seorang pemilik toko pertanian Bina Tani dan Berkat Tani di Kota Pelaihari, H Suryadi mengatakan pasokan pupuk urea dari agen (PT Pertani) sebenarnya tetap ada. Hanya volumenya terbatas.

“Hampir setiap minggu ada terus kiriman, tapi rata-rata hanya 35-36 ton. Padahal permintaan petani mencapai 100 ton lebih,” sebut Suryadi. yang mengaku sudah mengkrifikasi ke agen.  (roy)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s