Puslitban, Lulus Langsung Kerja

BANJARMASIN, BPOST – Lulusan dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknik Otomotif Sepeda Motor Suzuki-Poliban (Puslitban) dijamin memiliki keahlian standar Indomobil yang terbukti keandalannya secara nasional.

Jaminan itu diberikan Murdjani, Direktur Puslitban Banjarmasin, saat menerima kunjungan Ir Yohannes Erwin, General Manager PT Delta Abadi Sentosa, Sabtu (10/5).Dikemukakan Murdjani, Puslitban sudah berjalan selama dua tahun merupakan kerjasama Poliban dengan PT Indomobil Niaga Internasional melalui PT Delta Abadi Sentosa selaku penyalur utama (main dealer) motor Suzuki Kalimantan Selatan dan Tengah.

Dia mengatakan, kerjasama tersebut terjalin sejak 2006, pada angkatan pertama mewisuda 35 mahasiswa yang semuanya sudah diserap di beberapa main dealer otomotif. “Saat ini ada sekitar 36 mahasiswa yang masih mengikuti pelatihan,” ujarnya.

Ditambahkannya, selain mendapatkan ijazah setingkat D1 dari Politeknik Banjarmasin, mahasiswa yang lulus juga menerima sertifikat dari PT Indomobil Internasional.

Sedangkan materi yang didapatkan mahasiswa, yakni tentang teknik dan klasifikasi sepeda motor, mekanik otomotif serta manajemen bengkel.

M Firdaus Zauhari, instruktur dan dosen Poliban, mengatakan materi praktek lebih banyak yakni 75 persen, sedang teori hanya 25 persen.

Di kampus Puslitban disediakan pula peralatan praktik seperti tujuh buah bikelift, kunci standar serta kompresor, sepeda motor Suzuki dari berbagai tipe.

Saat kunjungan kemarin, terlihat beberapa mahasiswa melakukan praktik perbaikan motor. Tiap motor dikerjakan dua orang. Mereka bekerja sama menyelesaikan sesuai tugas yang diberikan instruktur.

Menurut Erwin, setiap lulusan Puslitban mempunyai kesempatan bekerja di diler suzuki, karena sedikitnya masih memerlukan 4.000 tenaga kerja yang ditempatkan di sejumlah diler.

“Lulusan Puslitban akan jadi proritas, karena mereka memiliki sertifikat standar yang dikeluarkan PT IndoMobil,” katanya. (bb/*)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s