Korea Gaet Wisatawan Muslim, Indonesia Bidik Arab

INDONESIA dengan penduduknya yang besar ternyata menjadi target industri pariwisata Korea Selatan. Karena sebagian besar warga Indonesia beragama Islam, industri pariwisata negeri ginseng itupun membidik wisatawan muslim Indonesia untuk berkunjung ke negara itu.

Korea pun telah menyiapkan berbagai persiapan menyambut wisatawan muslim Indonesia. Wakil Presiden Organisasi Pariwisata Korea (Korea Tourism Organization/KTO), Hong Ju Min, mengungkapkan, tahun ini pihaknya memperindah dan menambah fasilitas pariwisata di Korea Selatan yang diperuntukkan bagi para wisatawan muslim.“Kami berharap umat Islam di Indonesia berkunjung ke Korea, karena selain melengkapi fasilitas untuk wisatawan muslim, KTO bekerja sama dengan organisasi pariwisata di Indonesia,” ujar Hon ddi Jakarta,  kemarin.

Ia menjelaskan Korea Selatan kini memiliki 10 masjid dan 50 mushala, menyiapkan buku panduan makan halal bagi wisatawan muslim, hotel dan resor yang menyediakan tempat salat serta meletakkan arah kiblat di setiap kamar. KTO juga bekerja sama dengan Federasi Kaum Muslim Korea untuk menyediakan makan siang piknik yang halal melalui agen-agen perjalanan yang ada.

“Kunjungan umat Islam Indonesia sebanyak 20 persen dari total wisatawan asing yang berkunjung ke Korea dan kami optimistis dengan menambah fasilitas bagi umat Islam maka jumlah wisatawan muslim akan terus bertambah,” katanya.

Sementara Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Indonesia justru berharap wisatawan mancanegara dari kawasan Arab yang datang ke Indonesia akan bertambah seiring dengan naiknya harga minyak dunia.

“Kita berharap wisman Arab akan meningkat. Harga minyak dunia naik, mereka (masyarakat Arab) tentu bertambah kaya, jadi makin banyak kesini,” kata Ketua Asita, Ben Sukma yang dihubungi di Jakarta.

Ben mengharapkan ada peningkatan wisatawan Arab dari 170. 000 orang pada 2007 menjadi 200. 000 orang. Apalagi bila ditambah dengan promosi yang lebih gencar bisa diharapkan sampai  250. 000 wisman selama 2008.

Asita sendiri telah menyiapkan paket-paket yang disukai oleh wisatawan Arab yaitu paket ke daerah pegunungan seperti ke Bogor, Puncak, Sukabumi, Cipanas dan Bandung.

“Sebagian nanti kita buatkan paket ke Batam dan Bukittinggi Sumatera Barat,” kata Ben Sukma.  Wisatawan dari Arab, lanjut dia,  pengeluarannya ter tinggi dan masa tinggalnya terlama dibandingkan wisman dari negara lain. (ant/Persda Network)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s