Anak Cacat Bisa di Sekolah Umum

BANJARBARU, BPOST – Anak cacat netra di Banjarbaru bisa mengecam pendidikan di sekolah umum. Mulai tahun ajaran ini, SMA 4 Banjarbaru membuka kelas khusus bernama program inklusi. Sosialisasi program itu dilaksanakan, Rabu (18/6). Dihadiri calon siswa cacat netra, calon pengajar dan pihak terkait di luar lingkungan sekolah. 

Plt Kepala Sekolah SMA 4 Banjarbaru Syahrudin, mengatakan, sekolah ini baru pertama kalinya akan membaurkan siswa cacat netra dengan siswa normal dalam satu kelas. “Meski sekolah umum, SMA 4 memiliki program inklusi yaitu pembauran program belajar bagi anak yang berkekurangan dengan anak normal,” katanya. 

Inklusi adalah program yang memungkinkan diterimanya siswa-siswa berkebutuhan khusus untuk belajar dan memperoleh pendidikan di sekolah-sekolah biasa. 

Sebelumnya, sekolah ini sudah menjalankan semi inklusi. Sebanyak sepuluh anak yang lambat mengerti (slow learn) dibaurkan dengan siswa umum.  

Suharto, salah satu staf pengajar mengatakan, siswa-siswa khusus tersebut ternyata memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan siswa normal.

Itu terbukti, dari sepuluh orang siswa itu hanya dua siswa yang tak lulus Ujian Nasional (UN). (niz)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s