Miniatur Wayang Mahabharata

ADA yang unik saat memasuki stand Hulu Sungai Tengah yang terletak di ujung kanan Kampung Banjar. Terdapat deretan puluhan miniatur wayang kulit Banjar. Seluruhnya berasal dari tokoh pewayangan dengan cerita Mahabharata.


(Berjalan di Tali)

Menurut salah satu penjaga stand, Udin, semua wayang ini merupakan miniatur wayang Banjar seperti wayang Banjar sebenarnya dari Barikin. “Untuk wayang ini adalah tokoh dalam epos kepahlawanan Mahabharata dalam pewayangan,” kata Udin.

Diantara tokoh wayang tersebut ada Yudhistira, Werkudoro, Janaka, Nakula, Sadewa atau yang sering dikenal dengan Pendawa Lima. Mereka semua mempunyai sifat dan kepribadian yang baik.

Lalu ada juga wayang Kurawa yang terdiri dari Dretarastra Duryodana, Suyodana, Dursasana, Durmogati, Kartamarma serta tokoh jahat lainnya.

“Mahabarata menceritakan perebutan kekuasaan antara pihak Pandawa dan Kurawa yang masih bersaudara. Pertarungan antara kedua pihak tersebut memuncak dalam sebuah perang besar Baratayuda,” tambahnya.


(Balogo)

Selain miniatur wayang kulit, juga ada miniatur lainnya mulai gong, sarun, tarbang dan babon. Uniknya alat musik ini kalau dimainkan dengan mengetuk akan mengeluarkan bunyi sama dengan aslinya.

“Sayang miniaturnya hanya satu dan tak dijual. Padahal aku suka banget dan pengen beli miniatur ini,” kata Gusti, seorang pengunjung dari Kayutangi Banjarmasin.

Selain replika wayang, bisa ditemui di Kampung Banjar, berbagai potensi ekonomi dan sosial budaya daerah Kalsel, pameran kerajinan rakyat, serta pameran foto kampung Banjar tempo dulu bisa disaksikan.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s