Pedagang Takut Tak Ada Pembeli

BANJARMASIN, BPOST – Wacana pemugaran Pasar Lama yang dilemparkan Pemerintah Kota Banjarmasin, belum mendapat respons baik dari para pedagang.

sementara yang akan disiapkan pemerintah nanti sepi pembeli.

“Kita siap saja pasar ini direnovasi, tapi yang kami khawatirkan selama renovasi kami nanti ditempatkan di mana. Kalau sembarangan penempatan bisa mempengaruhi pendapatan,” kata Aziz, salah satu pedagang pakaian jadi di Pasar Lama, Minggu (30/9).

Menurut dia, sebelum melakukan renovasi dan pemindahan sementara pemerintah harus memikirkan lokasi strategis sebagai pengganti sementara.

“Apa nanti lokasi yang kami tempati sementara seramai pasar saat ini. Kalau mau bisa ditempatkan yang strategis dan tidak jauh dari lokasi,” kata pria yang mengaku sudah hampir 13 tahun berjualan di pasar itu.

Azis juga berharap, kios pasar usai renovasi harus memprioritaskan pedaganga yang memiliki kios resmi.

“Apakah nanti ada ganti rugi, lalu kios yang baru kami mendapat prioritas? Ini juga harus dipikirkan,” tambah dia. Salah satu pedagang lain mengatakan, mendukung sepenuhnya rencana pemerintah untuk merehab Pasar Lama.

“Memang saat ini Pasar Lama sudah perlu pembenahan. Saya mendukung saja, asal pemerintah tetap memperhatikan pedagang asli yang sudah lama berjualan,” kata ibu muda yang enggan disebutkan namanya.

Kepala Dinas Pasar Banjarmasin, Hermansyah, mengatakan wacana untuk merenovasi Pasar Lama terus digulirkan.

Saat ini, kata Ketua BKPMRI Banjarmasin itu, mereka sudah melakukan tahap penyusunan proposal untuk diajukan pada anggaran 2013 nanti.

“Kita sudah membicarakan hal ini dan saat ini kita masih dalam tahap pembuatan proposal untuk dibawa pada rapat anggaran 2013 ini,” kata dia dihubungi via telepon, kemarin.

Saat ini, Dinas Pasar masih menghitung berapa anggaran yang disiapkan untuk melakukan pembebasan lahan. Terutama warga yang berada di Pasar Lama di pinggir Sungai Martapura.

“Berapa anggarananya belum bisa disebutkan, karena masih dihitung,” tambah dia.

Mengena lokasi pemindahan sementara, Hermansyah mengaku saat ini sudah dalam tahap pembicaraan dengan para pedagang. Namun lanjutnya, Dinas Pasar memiliki alternatif sementara bagi penampungan pedagang selama pasar itu dibangun, yaitu di di siring baru Pasar Lama.

Berdasar pendataan, saat ini Pasar Lama dihuni oleh 300 lebih pedagang. “Dari pendataan sementara hampir semua pedagangmenyetujui usulan renovasi yang diajukan, mudah-mudahan tidak ada masalah,” pungkas dia. (arl)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s